BUNDO KANDUANG
Dimasa jahiliah
berlaku pelecehan terhadap anak perempuan. Kelahiran anak perempuan disambut
dengan kematian. Wanita hanya pembawa aib, bayi perempuan mesti dibunuh. Setelah islam,
alquran menyebut perempuan dengan "Annisaa" dan "umahat".
Perempuan adalah bundo atau "ibu". Annisaa adalah tiang
bagi suatu negeri, begitu penafsiran tentang perempuan.
Semenjak dua abad
yang lalu, alquran menempatkan perempuan dalam derajat yang sama dengan laki-laki pada posisi azwajan
(pasangan hidup)
Perempuan menyimpan
arti pemimpin (raja), orang pilihan, ahli, yang pandai, dengan segala sifat
keutamaan yang dikurniakan Allah kepada Nya.
Firman Allah
Ta’ala :
وَمِنْ
آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ
أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً
وَرَحْمَةً إِنَّ فِي ذَلِكَ لآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ
Artinya : “Dan
di antara ayat-ayat-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu merasa nyaman
kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu mawadah dan rahmah. Sesungguhnya pada
yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir”
[Ar-Rum 21].
Pesan Rasulullah SAW
dalam sebuah hadist "annisa u
'imadul bilad fain salahat salahatil bilad vain fasadat fasadatil bilad
" kaum ibu itu adalah tiang utama
dalam nagari, kalau mereka baik, akan baiklah seluruh nagari, dan kalau mereka
rusak, maka binasalah seluruh nagari
IBU dapat diartikan
"ikutan bagi ummat" dan tiang suatu negeri. Sunnah Nabi menyebutkan
" "Ad-dunya
mata'un wa khaira mata'iha al mar'atush-shollihah" Dunia itu adalah perhiasan dan perhiasan yang paling indah adalah
perempuan yang shalih (perempuan baik-baik yang tetap pada peran, dan konsisten
menjaga citranya)
Tafsir islam tentang
perempuan menjadi konsep utama keyakinan muslim bermuamalah. Budaya minangkabau
menyatakan bahwa yang disebut perempuan adalah sebagai berikut :
I. Tapakai taratik dengan
sopan, mamakai baso jo basi, tahu jo ereang dengan gendeang
Artinya
:
Perempuan
itu memakai etika dan sopan santun dalam tata pergaulan, dan memakai basa-basi,
arif dengan keadaan, mengenal kondisi dan memahami posisi keberadaan mereka.
II. Mamakai raso jo
pareso manaruah malu dengan sopan, manjauhi sumbang jo salah,
Muluik
manih baso katuju, kato baiak kucindan murah, pandai bagaua samo gadang
III. Hormat kapado
ibu bapo, khidmat pado urang tuo, labiah kapado laki-laki (suami).
Takuik kapado Allah, manuruik parentah Rasulullah
Tahu
di rumah dengan tanggo
Tahu
manyuri mangulindan
Takuik
di budi katajua
Malu
di paham ka tagadai
Artinya :
- Mengenal dan menyayangi kampong halaman
- Pandai menata, menyajikan kebahagiaan di rumah tangga
- Pandai menuntun kepada yang baik dan menghimpunkan yang terserak
- Takut budi akan terjual
- Sangat cemas dan malu pendirianya akan tergadai (perempuan dalam budaya minangkabau sangat teguh memelihara citranya dan konsisten)
IV. Perempuan
minangkabau pandai dan mengerti posisinya :
Tau
dimungkin jo patuik
Malatakan
sasuatu pado tampeknyo
Tahu
ditinggi randah
Baying-bayang
sapanjang jalan
Buliah
ditiru ditauladan
Kasuri
tauladan kain
Ka
cupak tuladan batuang
Artinya
:
- Mengetahui mana yang pantas dan patut untuk dilakukan
- Pandai meletakan sesuatu pada tempatnya
- Sangat arif (tahu mana yang harus diletakan ditempat yang tinggi dan mana pula yang harus diletakan ditempat yang rendah)
- Pandai berhitung, hemat, dan tidak boros
- Sikap dan perilakunya dapat ditiru, amalanya dapat dicontoh, seperti patron kain yang dapat dipotong dan dijahit
- Bertindak adil seperti cupak (gantang) dan tindakanya dapat jadi ukuran
Maleleh
buliah dipalik
Manitiak
buliah ditampuang
Satitiak
buliah dilauikan
Sakapa
buliah digunuangkan
Iyo
dek urang dinagari
Pemurah dan penyantun, perbuatanya
dapat dipedomani dan bermanfaat bagi orang dinagari
PEREMPUAN SEBAGAI
ORANG RUMAH
Hiduik
batampek
Mati
bakubua
Kuburan
hiduik dirumah gadang
Kuburan
mati di tangah padang
Artinya :
Memiliki tempat dikala hidup dan memiliki kuburan
dikala mati
Tempat perempuan
semasa hidupnya adalah dirumah gadang dan kalau dia sudah meninggal, kuburanya
terletak ditengah padang
Dapat dipahamkan
bahwa tidak pantas perempuan minangkabau bermain ditanah lapang kalau tidak ada
keperluan penting
PEREMPUAN SEBAGAI
INDUAK BAREH
Nan lamah ditarek
Nan condong ditungkek
Ayam barinduak
Siriah bajunjuang
Perempuan memiliki suami sebagai pendamping dengan pedoman adatnya sebagai berikut
Tahu
di mudharat jo manfaat
Mangana
labo jo rugi
Mangathui
sumbang jo salah
Tahu
disamak kamanyangkuik
Tahu
dirantiang kamancucuak
Ingek
didahan ka maimpok
Tahu
diangin nan bakisa
Arih
diombak nan basabuang
Tahu
dialamat kato sampai
Perempuan
minangkabau umumnya menjaga martabat :
- Hati-hati
Ingek
dan jago pado adapt
Ingek
di adapt nan ka rusak
Jago
limbago nan ka sumbiang
- Yakin Kepada Allah (Iman dan tauhid)
Jan
taruah bak katidiang
Jan
baserak bak anjalai
Kok
ado rundiang ban an batin
Patuik
baduo jan batigo
Nak
jan lahie didanga urang
Keimana
pada Allah (tauhid) yang kokoh menjadikan perempuan minangkabau sangat
berhati-hati. Perempuan minangkabau jauh dari sifat suka menfitnah orang lain
dan tahu menjaga pergaulan dan pandai menyimpan rahasia
- Perangai berpatutan (ushwah istiqamah)
Maha
tak dapek dibali
Murah
tak dapek dimintak
Takuik
dipaham ka tagadai
Takuik
dibudi ka tajua
Budi
baik, teruji dan pandai menempatkan sesuatu pada tempat yang pantas
- Kaya Hati (ghinam nafs), sopan santun hemat dan khidmat
- Tabah (redha) yang tampak dalam kejelianya, memilih waktu
Haniang
ulu bicaro
Naniang
saribu aka
Dek
saba bana mandating
Mengerti
kapan harus bicara dan kapan pula harus diam
- Jimeh (hemat dan tidak mubazir) shalihat
Dikana
labo karugi
Dalam
aal akia mambayang
Ingek
dipaham ka tagadai
Ingek
dibudi ka tajua
Mamakai
malu jo sopan
Sikap
khas perempuan minangkabau adalah jimeh, luwes, cekatan, cantik dan cerdas.
Perempuan
minangkabau disebut juga padusi (artinya padu isi) dengan 5 sifat utama :
a.
Benar
b.
Jujur
lahir bathin
c.
Cerdik
pandai
d.
Fasih
mendidik dan terdidik
e.
Bersifat
malu
Rarak
kalikih dek binalu
Tuai
buah sarumpun jo si kasek
Kok
ilang raso jo malu
Bak
kayu tingga pangabek
Apabila rasa malu sudah hilang, tidak ada lagi yang mengikat seseorang untuk berbuat seenak hatinya
Apabila rasa malu sudah hilang, tidak ada lagi yang mengikat seseorang untuk berbuat seenak hatinya
Anak
urang koto ilalang
Handak
lalu ka pakan baso
Malu
jo sopan kalau lah hilang
Habih
raso jo pareso
Falsafah hidup beradat mendududkan perempuan minangkabau pada sebutan bundo kanduang
Limpapeh
rumah nan gadang
Amban
puru pegangan kunci
Amban
puruak aluang bunian
Hiasan
didalam kampuang
Sumarak
dalam nagari
Nan gadang basa tuah
Kok
hiduik tampek barasa
Kok
mati tampek baniat
Ka
unduang-unduang ka madinah
Ka
payuang panji ka sarugo
Gurindam
ini memeprlihatkan dengan jelas kokohnya kedudukan perempuan minangkabau.
Generasi minangkabau lahir bernasap ke ayah (laki-laki) bersuku ibu (perempuan)
bergelar mamaknya (generasi matrialineal)
Didalam
garis keturunan ini, kemenakan berpisau tajam dan mamak berdaging tebal,
memperlihatkan egaliternya suatu persenyawaan budaya dan syarak yang indah
Tugas
ibu rumah tangga tidak sekedar menyiapkan makanan dan minuman, tetapi menjadi
sumber sakinah, bahagia, dan ketenangan, bersifat kreatif, ulet, tabah, sabar,
mampu menghidangkan keindahan dalam rumah tangganya
Innallah
ha jamiila baiti jamali ( Allah itu indah, dan mencintai keindahan)
Demikianlah
kearifan syarak mangato dalam kitabullah
Laki-laki
dalam oposisi-biner, peranya sebagai pelindung dan pemelihara harta untuk
perempuanya dan anak keturunanya
Pusat
keluarga di minangkabau dipegang oleh bundo kanduang
Perempuan
adalah tiang nagari(al hadist)
Posisi
ini merupakan penghormatan mulia, syurga itu terletak dibawah kaki ibu
Si
amat dikubu rimbang
Anak
ruso mati tadabiah
Kok
kurang mohon ditimbang
Kok
salah ampun nan buliah

Posting Komentar